gravatar

Instalasi Ubuntu 10.04 LTS

Instalasi Ubuntu 10.04 LTS





Sebelum menginstall Ubuntu ada baiknya kita melakukan beberapa persiapan, khususnya yang akan menjadikan komputer Dual Boot.  sistem operasi Ubuntu dan sistem operasi lainnya (disini saya mencontohkan berdampingan dengan system operasi Microsoft Windows).

Berikut Langkah Langkahnya:

Media Instalasi Ubuntu

1). USB Flashdisk.
Cara membuatnya cukup Mudah, yakni dengan DISKPART di Windows, USB Disc Creator, Linux Live USB Creator, atau software pendukung lainya.

2). Partisi Baru.
Membuat partisi baru untuk menginstal Ubuntu. Untuk Windows 7 bisa menggunakan. Disk Management. Atau jika windows Xp Bisa menggunakan EASEUS, Partition Magic, Atau yang lain Atau bias juga partisi dari bawaan Ubuntu, yaitu Gparted


 

Instalation Proccess

1). Masukkan CD Ubuntu (disini saya menggunakan ubuntu 10.04 LTS) dan boot awal pada DVD/ CD
    
     2). Setelah booting dari cd maka akan muncul  Tampilan Ubuntu.


 
3). Tunggu Beberapa saat , dan nantinya akan muncul pilihan instalasi, Instal Ubuntu 10.04 atau Try Ubuntu 10.04 Dan pada kali ini kita memilih Try Ubuntu 10.04, hal ini di karenakan untuk mengetahui adakah driver tambahan yang di butuhkan.

 

4). Jika ada driver yang di temukan, maka install driver tersebut. Dan jika semua telah dirasa cukup, maka kita tinggal menginstalnya.

5) Dalam proses instalasi pertama maka akan muncul pemilihan bahasa instalasi. Pilih bahasa, kemudian klik Forward untuk melanjutkan.



6) Ubuntu akan menyesuaikan settingan waktu yang ada di computer.
Tunggg sebentar…



7) Selanjutnya anda akan di bawa pada menu setting time zone dan wilayah Setelah menentukan wilayah anda, klik Forward untuk melanjutkan



 8)Setelah setting Time zone, maka anda akan di bawah pada menu setting Keyboard layout, Pastikan gunakan USA, karna sangat familiar dengan orang Indonesia pada umumnya, jika sudah, klik Forward


9) Selanjutnya kita akan di bawa pada menu partisi untuk menginstal Ubuntu, tadi saya sudah mencontohkan untuk membuat partisi sederhana di atas (menggunakan software pendukung) maka kita akan memilih Specify Partitions Manually (Advanced)  Klik Forward untuk melanjutkan.


10) Setelah kita memilih Specify Partitions Manually (Advanced)  Maka Akan tampil dimana telihat 3 partisi /dev/sda1, /dev/sda5 dan free space. Dan free space itulah kita akan menginstal Ubuntu
Catatan: Di sini kita akan membuat root “/” yang di lambangkan dengan garis miring, dan swap, Masing masing punya ukuran tersendiri, Misal kita menyediakan partisi untuk Ubuntu sebesar 10 GB, kita akan membuat root sebesar 2 kali RAM, misalnya kita mempunyai RAM 2 GB, maka kita membuat root sebesar 4 GB. Dan swap selebihnya. Jadi, root 4 GB dan swap 6 GB.

11) Maka klik free space, dan klik add, jika add tidak muncul, klik dua kali secara cepat.
12) Kita akan membuat partisi root dulu pastikan, Tipe partisi Logical, ukuran 4000 MB, Location for the new partition Beginning, Use as Ext4 Journaling File System, Mount point “/” (root) dan klik OK jika sudah.


13) Dan tentukan swap area, Pastikan Ukuran 6000 MB, Location for the new partition End, Use as Swap area, mount point biarkan kosong. Klik OK untuk melanjutkan

14) Jika semua proses partisi berjalan dengan baik, maka anda akan di bawa pada menu pembuatan USER, isi semua kolom, dan klik Forward untuk melanjutkan


15) Bila di install dengan OS yang lain maka akan tampil gambar seperti ini
Klik Forward untuk melanjutkan.


 
16) Maka akan di bawa ke menu install Ubuntu, Ready To install..??????




Klik install……….Loading Please Dead…………..100%  Heheheee


17) Prosesnya instalasinya sendiri berlangsung antara 30-60 menit tergantung spesifikasi komputer, menggunakan komputer pentium 4 1,6 Ghz, RAM 512 membutuhkan waktu kira 30 menit, proses penginstalan akan terlihat seperti gambar.



 Jika proses instalasi berjalan dengan lancer,Maksud saya lancar, tanpa mati lampu, hahahaa,
 maka jika restart akan tampil boot loader seperti di bawah ini



Kok seperti ini, rusak ya? Hahhahaaa NGGAK.

Sekarang computer kita sudah terinstal Ubuntu, dan dual operating system, Selamat…!!!!!

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Terimakasih.

Translate Here

DOWNLOADS

Download Music Click Here or Here
Download Movie Click Here or Here
Download Software Click Here or Here
Top Antivirus click Here or Here or Here
Tutorial Blogging Click Here or Here
Belajar Design Grafis Click Here

Flag Counter